Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Cara Mengakses Halaman Login WordPress


Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - WordPress memiliki 2 domain yang berbeda dan juga penggunaannya yang berbeda meskipun sama-sama bertujuan untuk membuat website. Mungkin kalian juga pernah melihat dan mengakses keduanya. Sebenarnya apa perbedaan wordpress.com dan wordpress.org?

Wordpress.com

Pada domain .com ini, wordpress bisa digunakan sebagai blog atau website lainnya yang bisa diakses secara online. Dan tentu saja, jika penggunaannya secara online, kita akan langsung mendapatkan domain yaitu .wordpress.com. Kurang lebih sama seperti .blogspot.com.

Misalnya saya ingin mempunyai website yang dibuat melalui wordpress.com, jadi nama website yang saya punya adalah namawebsite.wordpress.com atau misalnya aulia.wordpress.com. Hanya saja, pada wordpress.com ini kita tidak bisa menggunakannya sebebas yang kita inginkan.

Seperti penggunaan theme atau template. Kita hanya bisa menggunakan template yang sudah disediakan WordPress, kita tidak bisa men-download template lain dan menginstallnya untuk digunakan sebagai theme website kita.

Dan kita tidak bisa menggunakan plugin yang tentu saja sangat membantu untuk memaksimalkan website kita.

Wordpress.org

Sebenarnya, fungsi wordpress.com dan wordpress.org hampir sama, bisa digunakan untuk membuat website menggunakan platform WordPress. Namun, pada wordpress.org, kita bisa mendownload keseluruhan berkas CMS WordPress dan kita bisa mengedit dan memodifikasi script yang ada jika kita memang menguasai PHP, CSS dan script yang lainnya.

Jika kita seorang pemula, menggunakan wordpress.org mungkin hanya sebatas menggunakan template dan mengedit tampilan website saja. Namun, untuk WordPress Developer, dia bisa melakukan hal yang lebih. Seperti membuat templatenya, membuat plugin, dan lain-lain.

Menggunakan wordpress.org bisa dilakukan tanpa koneksi internet (offline). Dan tentu saja kita membutuhkan server untuk menginstalasi, membuka dan memodifikasinya. Selain itu, kita bisa mengisntall template apa pun, tidak hanya template yang disediakan oleh WordPress, kita juga bisa menggunakan template lain. Dan bisa menggunakan banyak plugin yang tentu saja akan sangat membantu website.

Bisa terlihat ya perbedaan wordpress.com dan wordpress.org :
  •           Wordpress.com tidak ada proses instalasi, langsung daftar dan memiliki akun.
  •           Wordpress.org melalui proses instalasi.
  •           Wordpress.com bisa diakses jika online saja.
  •           Wordpress.org bisa diakses offline maupun online.
  •           Wordpress.com templatenya terbatas
  •           Wordpress.org templatenya tidak terbatas
Dan juga perbedaan yang lainnya. Setelah paham dengan perbedaan wordpress.com dan wordpress.org , kita akan mempelajari Cara Menginstall WordPress yang akan dibahas di artikel yang selanjutnya.

You May Also Like

0 comments

Halo semuanya silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks